Selasa, 28 Januari 2014

Perkembangan Bisnis Toko Bunga Surabaya (Kayoon): Dulu, Kini, dan Nanti

Pemerintah daerah bersama masyarakat Surabaya terus bahu membahu menciptakan suasana hijau di kota terbesar ke dua setelah Jakarta ini. Salah satunya dengan memfasilitasi para pengusaha toko bunga Surabaya untuk terus maju ke depan. Jika dilihat ke belakang, pebisnis bunga di Surabaya sangatlah sedikit. Dimulai pada abad ke- 19, yaitu tahun 80-an. Bisnis ini masuk ke Surabaya dengan geliat yang cukup lemas. Bahkan jumlah pedagangnya masih relatif sedikit. Bahkan, di pasar kayoon, sebuah pasar yang disinyalir menjadi tempat perputaran berbagai jenis bunga di Surabaya, hanya ada lima pedagang bunga saja yang aktif. Sedangkan bunganya, dipasok dari Batu- Malang. 

Bisnis ini semakin merajai pasar pada tahun 90-an, bahkan omzetnya bisa sampai Rp. 100 juta. Dan sempat anjlok di tahun 1997-1998 saat terjadi krisis moneter di Indonesia. Saat itu, para pedagang sempat mengeluh namun cepat bangun dan menata kembali usahanya. Pada abad ke-20 ini, geliat bisnis bunga tidak mengalami penurunan, malah justru terus naik. Petani Batu-Malang masih dipercaya sebagai penghasil bunga untuk pasar bunga di Surabaya yang terpusat di Kayoon. Perkembangan ini ditunjang dengan infra struktur yang disediakan oleh pemerintah daerah setempat. 


Kini, pusat toko bunga Surabaya, yaitu Kayoon memiliki luas sekitar 2 hektar are, belum lagi toko-toko yang berjajar mengikuti jalanan, di sebelah kanan dan kiri yang berjumlah ratusan. Kios ini siap menjadi basis bunga di kota pahlawan Surabaya. Pedagang mengakui bahwa 90 % pesanan datang dari lembaga, yayasan, dan instansi baik pemerintahan maupun swasta. Itu berarti 10 % pesanan berasal dari warga kota Surabaya dan luar kota Surabaya yang berkunjung ke sana. Para pedagang juga terus meningkatkan penjualannya dengan menambahkan cara berjualan modern atau online. Dengan demikian, persentase pembeli perorangan diharapkan akan meningkat. Seiring dengan penetrasi ketat yang dilakukannya.

Oleh karena itulah, tahun 2014 dan tahun-tahun selanjutnya akan banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari usaha toko bunga Surabaya ini. Hal ini selain baik untuk para pedagang, tentunya juga menjadi lahan emas untuk para petani bunga. Juga para peneliti yang terus berusaha menemukan varian-varian bunga yang baru dengan persilangan bunga yang semakin berani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar